Rabu, 22 Desember 2010

GRUNGE, SCENE GRUNGE, DAN NIRVANAISME





GRUNGE, SCENE GRUNGE, DAN NIRVANAISME

Grunge adalah musik yang berasal dari Seattle dan secara musikalnya grunge sulit untuk diungkapkan karena terlalu abstrak. Bahkan banyak orang beranggapan bahwa grunge adalah bukan musik melainkan lifestyle dari suatu kaum yang bernama grunge di Seattle. Namun sebagian orang juga ada yang beranggapan bahwa grunge adalah musik atau lifestyle yang berkembang menjadi musik karena mereka bisa merasakan musik grunge kendati yang memainkan musik itu sendiri musisinya tidak mau musiknya di sebut grunge. Oleh karena itu setiap band yang mengaku band grunge harus mau mengakui dan memainkan musik grunge dengan versi mereka.

Scene grunge disini (indonesia) cukup banyak namun masih banyak para musisi grunge yang memang belum tahu dimana letak scene grunge itu sendiri dan ada juga yang memang tidak mau tahu sehingga keberadaan musik grunge sendiri terancam punah.

Hal yang disayangkan dalam scene grunge di sini adalah masih banyaknya band grunge yang terlalu cenderung Nirvanaisme, menganggap musik grunge adalah seperti musik yang dimainkan oleh Nirvana.

Nirvanaisme sebenarnya adalah hak masing-masing dari tiap band grunge. Kalaupun Nirvanaisme itu akan hilang maka akan berganti dengan silverchairisme atau sonicyouthisme tak bisa tanpa mengekor band besar pengusung grunge.

Nirvanaisme juga bisa dibilang sejenis phobia yang takut apabila band nya tampil tanpa membawakan lagu Nirvana maka tidak ada orang yang slam, atau moshing sehingga membuat mereka tak bisa dan tidak mau mengembangkan diri dan membuka mata lebar-lebar kepada scene nya sendiri dan melihat referensi dari band grunge lain melainkan semakin terpsona dengan nirvana dan Kurt Cobain nya.

Oleh karena itu cobalah buka mata lebar dan ungkapkan GRUNGE NOT JUST NIRVANA, GRUNGE BUKAN HANYA NIRVANA !. Kalimat ini tetap menjadi pedoman selagi masih banyak band yang terjangkit Nirvanaisme karena apabila grunge cuma dan sama dengan Nirvana maka band mereka bukanlah band Grunge. Karena itu tunjukanlah jadilah diri anda sendir tanpa harus mengekor dari band atau orang yang anda idolakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar